Apa Sih Digital Marketing Itu? - Dwi Sulistiyo

Monday, November 5, 2018

Apa Sih Digital Marketing Itu?


Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet. Tujuannya adalah untuk menjangkau konsumen dan calon konsumen secara cepat dan luas.

Salah satu cara untuk mempromosikan melalui iklan internet, social media (facebook, twitter, dll). Karena jangkauannya yang luas dan banyak penggunanya makannya Digital Marketing dirasa efisien untuk melakukan promosi.

Pengertian Digital marketing adalah suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet. Tujuannya ialah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Secara mudahnya ialah, Digital marketing ialah suatu cara untuk mempromosikan produk / brand tertentu melalui media internet. Bisa melalui iklan di internet, facebook, youtube, ataupun media sosial lainnya.

Read more at: http://redtreeasia.com/info/apa-itu-digital-marketing-pengertian-dan-konsep-dasarnya/
Digital Marketing mulai berkembang di era teknologi informasi dengan adanya fenomena database marketing. Saat itu para pemasar mulai melihat pentingnya data pelanggan untuk disimpan, dianalisa dan kemudian dipergunakan untuk meningkatkan penjualan.

Customer Relationship Management (CRM) kemudian mulai berkembang sebagai bentuk penggunaan database marketing untuk keperluan segmentasi pelanggan, menawarkan produk dan jasa sesuai kebutuhan pelanggan, meningkatkan loyalitas dan mendorong pembelian.

Perkembangan teknologi internet yang demikian pesat akhirnya memunculkan berbagai fenomena yang mendorong semakin pentingnya digital marketing:
  • E-mail: Surat elektronik membuat pengguna internet bisa mengirim surat kepada orang lain melalui jaringan internet dalam waktu yang singkat
  • E-commerce: Melalui e-commerce pengguna internet bisa melakukan transaksi jual-beli produk dan jasa.
  • Search Engine: Search Engine seperti Google dan Yahoo membantu pengguna internet untuk mencari informasi.
  • Media Sosial: kehadiran media sosial membuat pengguna internet bisa berinteraksi melalui layanan media sosial di internet. Pengguna bisa menciptakan konten-konten sendiri di media sosial yang membuat pengguna internet bisa menjadi pemilik media.

Keunggulan Digital Marketing

  • Jangkauan konsumen yang lebih luas
Pengguna digital marketing seperti teknik SEO (Search Engine Optimization) pada mesin pencari google, iklan di media online, hingga iklan di sosial media tentu akan bisa menjangkau konsumen yang cukup luas, siapapun yang mengakses array tersebut akan menjangkau iklan atau informasi tentang pelayanan atau servis yang Anda berikan. Tidak hanya dari dalam negeri sendiri bahkan bisa sampai ke luar negeri bahkan ke seluruh dunia.
  • Memaksimalkan penghasilan
Berbicara soal konsep dasar digital marketing, Anda bisa dengan leluasa memaksimalkan sumber daya apaun yang bisa mendukung kegiatan bisnis dalam digital marketing. Misalkan, dengan menggunakan official account di media sosial agar terlihat lebih elegan, profesional, dan terpercaya. Lalu ditambah lagi dengan kampanye melalui media story YouTube seperti beberapa bisnis digital yang lagi trend saat ini.
  • Lebih Cepat dan Murah
Kampanye digital untuk melejitkan bisnis tentu memberikan dampak atau hasil yang jauh lebih cepat dan murah dibandingkan dengan cara konvensional. Lebih cepat mengena pada calon konsumen karena jangkauan luas dalaam waktu yang bersamaan. Sementara murah pada beberapa teknik tertentu, karena konsep digital marketing juga bisa saja mahal karena strategi yang diterapkan membutuhkan sumberdaya yang banyak.
  • Lebih Mudah
Digital marketing ini secara luas juga memiliki target yang sama dengan pemsaran konvensional. Yaitu target agar calon konsumen membeli langsung produk yang Anda tawarkan, atau merubah persepsi dan cara pandang konsumen terhadap suatu produk/brand Anda.

Demikian postingan tentang digital marketing kali ini, Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa Like dan Share, Jangan lupa Subscribe untuk mendapatkan berita pembaruan ketika kami mengupload artikel terbaru. Sampai ketemu lagi di postingan berikutnya...

No comments:

Mohon untuk menggunakan kata yang tidak menyinggung unsur SARA. Dan juga tidak menggunakan unsur Phornography. Terima kasih telah mengikuti aturan dalam website ini.

Terima Kasih
Dwi Sulistiyo

@sulistiyo_27