Virus atau malware Android memang sangat jarang ditemukan, namun bukan berarti tidak ada sama sekali. Hampir secara eksklusif dipasang pada aplikasi yang kemungkinan digunakan oleh para pengguna Android, sehingga tidak akan terjadi kecurigaan ketika suatu perangkat sudah terinfeksi atau terkena serangan virus atau malware tersebut.

Sebenarnya, jika anda tetap berada pada batas aman Google Play, maka bisa dipastikan perangkat Android anda akan aman-aman saja dan terhindar dari serangan malware atau virus. Terlebih lagi, Google sudah menyediakan Google Play Protect yang akan memeriksa keamanan Aplikasi secara detail sebelum dipasang ke perangkat Android anda.

Sebagai tindakan antisipasi, sebenarnya langkah-langkah untuk melindungi perangkat Android dari serangan malware Loapi. Anda hanya perlu melakukan tips berikut sebagai tindakan pencegahan dari serangan malware.
$ads={1}

1. Jangan memasang Aplikasi dari luar Google Play Store
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengguna Smartphone Android adalah memasang Aplikasi dari pihak ketiga yang bukan berasal dari Google Play Store. Secara default, Android tidak akan bisa menginstall aplikasi selain dari Google Play Store, namun pengaturan ini bisa diubah pada Security Setting dengan mangaktifkan Unknown Source. Tindakan seperti inilah yang kadang diabaikan dan dianggap biasa saja padahal bisa membuka peluang masuknya malware sejenis Loapi ke perangkat Android.

Terkadang terdapat aplikasi yang seolah sangat dibutuhkan, padahal itu hanyalah kedok dan ternyata isinya hanyalah malware atau virus yang akan menginfeksi perangkat Android saat aplikasi tersebut diinstall. Cara kerja malware Loapi pun seperti itu, yaitu melakukan penyebaran melalui Aplikasi yang berkedok sangat menarik. Bisa saja berkedok aplikasi Antivirus, aplikasi messaging, browser dan lain sebagainya.

2. Hindari Penggunaan Aplikasi Kloning
Jika anda adalah orang yang hobi mengoleksi dan menggunakan aplikasi kloning, maka sebaiknya mulai saat ini memikirkannya kembali. Aplikasi kloning sangat beresiko bagi keamanan perangkat Android anda. Pasalnya bisa saja aplikasi kloning tersebut dijadikan sebagai jalur penyebaran malware atau virus seperti.

3. Periksa Izin Aplikasi
Sebenarnya tidak masalah ketika anda harus menginstall aplikasi dari mana saja yang sangat dibutuhkan. Namun yang harus diperhatikan adalah agar selalu memeriksa izin yang diperlukan sebelum menekan install. Jangan pernah memeberikan hak akses admin atau root ketika menginstall aplikasi. Jika anda memberikan izin tersebut, maka kemungkinan perangkat Android anda untuk dikontrol secara penuh saat terinfeksi malware Loapi sangat besar. Selain itu, anda tidak akan bisa menghapus aplikasi tersebut ketika sudah mengetahui bahwa ternyata aplikasi tersebut adalah sebuah malware.

4. Pastikan Perangkat Android Anda Berada Pada Versi Terbaru
Pembaharuan Sistem pada perangkat Android sangat pentng untuk dilakukan. Hal ini bertujuan yaitu salah satunya untuk meningkatkan keamanan perangkat Android. Versi terbaru dari Sistem Operasi Android memang belum tentu tersedia untuk semua perangkat, namun sebaiknya anda memeriksa pembaharuan tersebut sesering mungkin.

$ads={2}

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk melindungi perangkat Android dari serangan malware. Selain itu, sebagai tambahan pastikan agar anda mengaktifkan Google Play Protect pada perangkat Android yang digunakan. Dengan demikian kemungkinan menginstall aplikasi yang beresiko akan sangat sedikit.

Post a Comment

Mohon untuk menggunakan kata yang tidak menyinggung unsur SARA. Dan juga tidak menggunakan unsur Phornography. Terima kasih telah mengikuti aturan dalam website ini.

Terima Kasih
Dwi Sulistiyo



Lebih baru Lebih lama